Mudahnya Melakukan Optimisasi Seo (Search Engine Optimization)

Mudahnya Melakukan Optimisasi Seo


Optimisasi Seo sangat penting dilakukan untuk anda yang mempunyai pekerjaan sebagai online marketing, seorang wapper atau blogger. sebab dengan cara Mengoptimisasikan website atau blog anda di Search Engine dapat menaikkan rangking website anda di search engine, semakin naik rangking di website anda semakin banyak tentunya pengunjung yang singgah di website atau blog anda.

Dengan melakukan optimasi seo kita tidak perlu repot-repot untuk mempromosikan artikel atau produk kita ke berbagai sosial media, tentunya hal tersebut juga menghindari alamat url blog kita agar tidak dianggap spam oleh sosial media. dengan kita melakukan optimisasi seo, pengunjung tidak hanya datang dari hasil promosi kita di sosial media, tentunya dengan optimisasi ini pengunjung juga berbondong-bondong datang dari search engine :-D .


Mudahnya Optimasi Seo
source : www.ehpedia.com

Bagaimana ? tentunya sangat banyak manfaat jika kita melakukan optimisasi terhadap blog kita, mengenai cara melakukan optimisasi bisa dilakukan dengan cara yang memang susah-susah mudah, mengapa saya bilang susah-susah mudah ?  melakukan optimisasi membutuhkan kesabaran dan ketekunan. optimisasi pun tidak dilakukan dengan waktu yang singkat. tentunya anda harus bersabar dan kuncinya adalah NIAT dan USAHA, jangan hanya berkhayal "anda tidak melakukan optimisasi tetapi ribuan pengunjung datang begitu saja ke blog anda" memang bukan tidak mungkin , tetapi presentasenya hanya 1:10000 orang :D.

Lalu bagaimana melakukan Optimisasi terhadap blog kita ?

Sebelum kita melakukuan optimisasi, sebaiknya kita mengetahui seluk beluk seo, pengertian dan apa itu seo terlebih dahulu, sama seperti halnya kita mau memasak juga harus ada bahan yang akan dimasak.

Baca Juga : Apa itu seo ? Pengertian Seo

Setelah mengetahui pengertian seo dan apa itu seo, sekarang kita langsung terjun kedunia Optimisasi :-D, oke langkah dan hal pertama yang harus kita lakukan saat melakukan optimisasi terhadap blog kita adalah :


A. Menentukan Kategori Konten Kita Di Search Engine


Menentukan Konten Untuk Seo
source : penuliskontenweb.blogspot.com

Yang saya maksudkan menentukan kategori konten adalah menentukan konten yang akan kita buat di blog kita, saya yakin bagi anda yang baru terjun didunia blogger pasti sangat malas untuk membuat artikel, tulisan atau konten anda sendiri, akibat dari malas itulah kita sering mencari-cari konten yang ada pada blog-blog para master.

 what ?? meniru konten para master ?? itu kesalahan besar bagi seorang blogger pemula, memang para master menjadi ilmu teladan bagi kita, tetapi kita tidak harus menjiplak konten yang telah mereka buat. apalagi kalau hanya copy paste artikel mereka, itu malah semakin menjadi beban bagi anda yang pemula di dunia blogger, tetaplah semangat dan mempunyai niat menjadi seorang blogger sukses, blogger sukses tidak diartikan yang telah mempunyai penghasilan sendiri dari blognya, tetapi kita bisa disebut blogger sukses jika kita menulis artikel kita dengan tulisan kita sendiri tanpa menjiplak karya orang lain. tetap konsisten pada konten yang anda buat sendiri, semisalkan anda ingin membuat blog mengenai turorial hp android, maka fokuslah ke tutorial hp android, lakukan tutorial yang bisa anda lakukan sendiri.


B. Menggunakan Template Yang Sesuai Dengan Isi Konten

Kita para blogger pemula sering mengabaikan hal ini, kita lebih mementingkan template blog kita yang keren dibandingkan dengan menyelaraskan isi konten yang ada di dalam blog, menurut saya cara ini memang tidak begitu berpengaruh tetapi sebaiknya dilakukan bagi anda yang memang ingin serius mendalami tentang melakukan optimisasi.

Template yang sesuai dengan isi konten disukai oleh search engine seperti google, semisal kita menuliskan artikel tentang berita, tentunya kita harus menggunakan template yang bertema news atau magazine, tidak lucu jika kita menuliskan artikel tentang berita tetapi kita malah menggunakan template yang dibuat untuk artikel video :-D .

Baca Juga : Download Berbagai Template Blog

Tentukan template yang sesuai dengan isi konten, tidak perlu menggunakan template premium, yang terpenting bagi blogger pemula adalah tidak menghapus credit link pembuat template :-).

C. Membuat Artikel Original Tulisan Kita (tidak copy paste)

Dilarang duplikat konten
source : www.techtrickhome.com

Yaap, ini lah yang sering dilakukan oleh para blogger pemula, copy paste artikel orang lain memang mengasyikkan, mengasyikkan palamu !! :-D kidding. saya sendiri waktu pertama kali membuat sebuah blog melakukan copy paste terhadap artikel orang lain, tetapi setelah saya mencari dan membaca informasi yang ada, ternyata melakukan copy paste malah akan memperburuk blog kita, seorang blogger sejati tentunya tidak akan melakukan tindakan copy paste, syukur kalau disertakan sumber atau link aktif, tapi bagaimana jika sumber asli tidak disertakan di dalam artikel si pengcopas tersebut.

Beda jika kita menggunakan atau menulis artikel kita sendiri, pasti ada perasaan bangga di dalam hati jika artikel yang kita publish adalah hasil jerih payah tulisan kita sendiri, dengan menulis artikel original tulisan kita tentunya kita mendapatkan banyak manfaat, perlu anda ketahui bahwa search engine seperti google sangat menyukai artikel original yang berarti artikel hasil tulisan kita sendiri, dalam melakukan optimasi pun sangat penting untuk memperhatikan artikel kita, semakin mandiri kita membuat suatu artikel semakin bagus konten di blog kita semakin cinta juga search engine kepada blog kita, cieeh :-D .

Bagi anda yang telah membuat artikel dengan tulisan anda sendiri selamat anda sedang menuju seorang blogger yang sukses, sedangkan bagi anda yang masih copy paste artikel orang, selamat anda sedang menggali kuburan bagi blog anda sendiri.

D. Jangan Lupakan Kekuatan Meta Tag

Meta tag untuk optimasi
source : www.linksmanagement.com

Apaan si lebay banget judulnya :-D, bagi anda yang akan melakukan optimasi tentunya penting wajib dan harus memberikan meta content di header script html blog anda, meta apa saja yang di butuhkan ? tidak banyak dan juga tidak sedikit, hanya meta tag yang penting saja , semisal meta description dan meta keywords. meta description berfungsi untuk mendeskripsikan isi dari artikel atau blog anda sendiri, sedangkan meta keywords berfungsi untuk menentukan kata kunci bagi blog atau artikel kita kepada mesin pencari.

Cukup banyak meta tag yang perlu anda sisipkan, silahkan pelajari sendiri. mengapa saya menuliskan meta content sebagai cara melakukan optimisasi ? karena mesin pencari mencari blog anda dari meta yang ada pada header anda.

Mungkin masih banyak lagi cara melakukan optimasi, cara diatas hanya dasar dalam melakukan
optimasi, masih sangat banyak informasi diluar sana yang menjelaskan cara melakukan optimasi, jika anda ingin benar-benar melakukan optimasi pada blog anda, tetap semangat, melakukan optimasi membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.
Silahkan share artikel ini ke sosial media jika menurut anda bermanfaat untuk teman-teman semua.

0 Response to "Mudahnya Melakukan Optimisasi Seo (Search Engine Optimization)"

Posting Komentar

Pesan formulir komentar.

Berkomentarlah dengan baik dan benar, kami menerima saran dan kritikan yang sifatnya membangun.